Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi)
Vol. 3 No. 1 (2019): PROSIDING SEMNAS INOTEK Ke-III Tahun 2019

Usability Testing for E-commerce Taxpayers in the era of Industrial Revolution 4.0

Dhyan Kurnia Prasetyanti (Teknologi Informasi, Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Paulus Insap Santosa (Teknologi Informasi, Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia)
Wing Wahyu Winarno (Teknologi Informasi, Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi, Universitas Gadjah Mada, Indonesia)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2021

Abstract

Pada perkembangan revolusi industri 4.0 Indonesia juga perlu mempertimbangkan penghasilan pajak di masa depan dari pembayar pajak e-commerce. Laporan pajak online (e-filing) di Indonesia telah disosialisasikan dan digunakan sejak tahun 2015. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak pengguna e- commerce yang menggunakan e-filing untuk pelaporan pajak dan berbagai permasalahan terkait peraturan pajak. Metode penelitian menggunakan tinjauan pustaka dari penelitian sebelumnya serta sampling terhadap pengguna e- Filing dari pembayar pajak e-commerce yang diimplementasikan dalam bentuk kuesioner kemudian dianalisis menggunakan metode SUS (System Usability Score). Hasil dari penelitian ini adalah 63,17 menunjukkan bahwa menggunakan e-Filing adalah maginal tinggi. Banyak responden mengalami kesulitan dalam menggunakan e-filing sehingga mereka membutuhkan bantuan petugas pajak untuk mempelajari lebih lanjut tentang e-filing. Nilai tertinggi adalah 70 berarti e-filing dapat digunakan dan yang terendah adalah 47,5 berarti responden diperlukan membantu petugas pajak untuk menggunakannya. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan terhadap e-filing masih belum maksimal dan perlu adanya bantuan dari petugas pajak untuk informasi mengenai cara pengisian e-filing, serta aturan pajak yang digunakan untuk pengguna e-commerce perlu disosialisasikan oleh pemerintah karena mereka adalah bidang bisnis baru di masa depan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

inotek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering Energy Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Mathematics Mechanical Engineering Transportation

Description

Teknologi saat berkembang sangat cepat selama beberapa tahun terakir ini. Perkembangan teknologi tersebut merupakan salah satu dampak dari peningkatan inovasi dalam bidang teknologi. Ide-ide dan produk baru selalu ada untuk membantu kemingkatkan kualitas kehidpan manusia. Dalam rangka mendukung ...