Kurangnya motivasi dan kesadaran mahasiswa untuk belajar dikarenakan mahasiswa kurang aktif dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan, sehingga hasil belajarnya pun menjadi kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar Farmakologi pada mahasiswa. Prodi S1 Semester VI di Stikes Hang Tuah Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Tanjungpinang Tahun 2015, dengan menggunakan desain penelitian cross-sectional. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah cita-cita dan aspirasi, kondisi peserta didik, kemampuan peserta didik, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Farmakologi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi S1 semester VI Stikes Hang Tuah Tanjungpinang tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan cara Total Sampling, dengan jumlah sampel 41 orang sesuai dengan kriteria inklusi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dari pengolahan data kepada 41 responden dengan menggunakan ChiSquare menunjukan nilai p=0,352>0,05 untuk variabel motivasi, nilai p=0,531>0,05 untuk variabel cita-cita dan aspirasi, nilai p=0,354>0,05 untuk variabel kondisi peserta didik, nilai p=0,758 > 0,05 variabel kemampuan peserta didik. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah tidak ada hubungan terhadap motivasi belajar terhadap hasil belajar Farmakologi.
Copyrights © 2014