Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Vol. 16 No. 2 (2019): Desember: Jurnal Ilmu Administrasi Negara

ANALISIS PERANAN KOMUNIKASI INTRAPERSONAL AGAMA DALAM KELUARGA : (Studi Pada Pembinaan Pendidikan Mental Anak Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima)

Lubis Hermanto (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)
Kamaluddin Kamaluddin (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)
Asrianto Asgaf (Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Mbojo Bima)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2019

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yakni : 1) Untuk mengetahui Analisis peranan komunikasi Intrapersonal agama dalam keluarga (Studi Pada Pembinaan Pendidikan Mental Anak Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima). Untuk membahas penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah keluarga yang berdomisili di Kelurahan Penaraga. Penentuan informan dalam penelitin ini penulis menggunakan teknik snowball sampling. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis secara deskriptif kualitatif, yang dimulai dari reduksi data, display data, dan verifikasi dan pengambilan kesimpulan. hasil penelitian yang diperoleh yaitu: Pertama, berdasarkan Analisis peranan komunikasi Intrapersonal agama dalam keluarga (Studi Pada Pembinaan Pendidikan Mental Anak Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima) baik mengenai ibadah (dalam arti khusus), yang membahas hubungan manusia dengan Allah (vertikal), maupun mu'amalah, yang membahas hubungan horisontal (manusia dan lingkungannya), maka hasilnya telah sesuai dengan peranan keluarga berdasarkan ajaran agama Islam. Kedua, berdasarkan Analisis peranan komunikasi Intrapersonal agama dalam keluarga (Studi Pada Pembinaan Pendidikan Mental Anak Di Kelurahan Penaraga Kecamatan Raba Kota Bima) baik akhlak terhadap Allah atau Khalik (pencipta), akhlak terhadap Rasulullah SAW, maupun akhlak terhadap makhluk (akhlak terhadap manusia, dan akhlak terhadap bukan manusia), maka hasilnya telah sesuai dengan peranan keluarga berdasarkan ajaran agama Islam.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jian

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Ilmu Administrasi Negara memuat artikel/hasil penelitian yang berkenaan dengan kajian bidang Ilmu Administrasi Negara. Kebijakan Manajemen Publik, Kepemimpinan, Pemberdayaan Masyarakat Manajemen Sumber Daya Manusia Sektor Publik. pelayanan publik. kajian administrasi ...