Mimbar PGSD Flobamorata
Vol. 1 No. 1: Februari 2023

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SUBTEMA 1 PERJUANGAN PARA PAHLAWAN SD NEGERI OEBA 3 KUPANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Zainur Wula (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Euvemia Ayu Leto (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
30 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Example Non Example pada tema 7 Indahnya keragaman di negeriku subtema 1 keragaman suku bangga dan agama di negeriku pembelajaran ke-1 jenis-jenis gaya di kelas IV SDN Oeba 3 Kupang. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik tema 7 Indahnya keragaman di negeriku sub tema 1 keragaman suku banggsa dan agama di negeriku pembelajaran ke-1 jenis-jenis gaya kelas IV SDN Oeba 3 Kupang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Oeba 3 kupang tahun pelajaran 2022/2023 yang terdiri dari 14 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar, dan lembar observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah kuantitatif untuk mengetahui aktifitas hasil belajar siswa Hasil penelitian menunjukan/mengunakan/1model/1pembelajaran example non example untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV subtema I keragaman suku bangsa dan agama di negeriku SDN Oeba 3 Kupang. Peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 65,35. Kemudian pada siklus II dengan rata-rata adalah sebesar 75,71. Hasil ini telah mencapai target skor KKM yang di tetapkan yaitu 70. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran example non example dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema I keragaman suku bangsa dan agama di negeriku SDN Oeba 3 Kupang. Tahun pelajaran 2022/2023

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mimbar PGSD Flobamorata adalah jurnal ilmiah yang berisi dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, dan ide-ide atau karya inovatif di bidang pendidikan dasar yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Guru sekolah Dasar (PGSD), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas ...