Jurnal Bakti Agribisnis
Vol. 8 No. 02 (2022): Jurnal Bakti Agribisnis

Analisis Kelayakan Usaha Tani Semangka Pada Lahan Gambut (Studi Kasus Di Kelompok Tani Pelangi Desa Sarang Burung DanauKecamatan Jawai Kabupaten Sambas)

Darma Irawan (Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sambas)
Laila Nuzuliyah (Balai Besar Pelatihan Pertanian Ketindan Malang)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) mengetahui besar biaya produksi dan pendapatan pada usaha budidaya tanaman semangka pada lahan gambut di Desa Sarang Burung Danau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. 2) Untuk mengetahui kelayakan usaha budidaya tanaman semangka pada lahan gambut di Desa Sarang Burung Danau Kecamatan Jawai Kabupaten Sambas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya Penerimaan yang di dapat dalam satu kali musim tanam yaitu sebesar Rp 90.000.000,-. Keuntungan (pendapatan) yang di hasilkan dalam satu kali musim tanam adalah sebesar Rp 55.655.000,-. Pada analisis ini usaha tani semangka layak untuk dilanjutkan karena hasil perhitungan nilai R/C > 1 yaitu sebesar 2,62.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-bakti-agribisnis

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry

Description

Jurnal Bakti Agribisnis adalah jurnal agribisnis STIPER Belitang yang merupakan wadah bagi para peneliti (dosen-dosen dan mahasiswa STIPER Belitang) dalam melaksanakan Tridarma (Penelitian, Pengajaran, dan Pengabdian kepada masyarakat), Jurnal Bakti Agribisnis telah berdiri sejak tahun 2015 dan ...