Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling
Vol 8 No 1 (2023): Jurnal Psikodidaktika

SELF EFFICACY SISWA SD KELAS 5 TERHADAP PRESTASI BELAJAR DIKELASNYA DI SD N 5 JINENGDALEM

Putu Sukma Megaputri (Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Buleleng)
Ni Putu Lidya Ariswari (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2023

Abstract

Kompetisi pada generasi muda saat ini sangat tinggi sehingga perlu menyiapkan siswa sejak dini untuk semakin mengasah kemampuan, kepercayaan diri agar prestasi baik akademik maupun non akademik meningkat. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis hubungan self efficacy siswa terhadap prestasi belajar mereka yang dinilai dari nilai tengah semester (PTS). Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan sampel yang diambil dari kelas tinggi untuk persiapan ujian yaitu kelas 5 dan 6 sebanyak 30 siswa. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, selanjutnya data dilakukan analisis menggunakan rank spearmen untuk menilai arah hubungan dan kekuatan hubungan efikasi diri dengan prestasi belajar siswa. Hasilnya dilaporkan bahwa terdapat hubungan efikasi diri dengan prestasi belajar siswa di SD N 5 Jinengdalem dengan nilai rho 0,53 dan hasil ini signifikan secara statistic dengan nilai p < 0,05. Kesimpulannya bahwa semakin tinggi efikasi diri siswa secara otomatis meningkatkan prestasi belajar siswa

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

psikodidaktika

Publisher

Subject

Education Other

Description

The journal psikodidaktika is scientific article in prodi guidance and counseling Education Faculty of Teacher university Prof.Dr.Hazairin, S.H Bengkulu. Scientific article contains about writings relating to the science education, the science of psychology and guidance and counseling. Scientific ...