EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 2 (2023): April

Pengembangan Booklet Berbasis Qr Code pada Pembelajaran IPS dengan Penguatan Karakter Toleransi

Maysa Puspita Nadalina (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Cindya Alfi (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)
Mohamad Fatih (Universitas Nahdlatul Ulama Blitar)



Article Info

Publish Date
23 Jul 2023

Abstract

Minat belajar siswa menurun yang mengakibatkan siswa merasa jenuh dan malas salah satunya disebabkan karena minimnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kurangnya sikap toleransi yang tumbuh pada diri siswa sehingga menyebabkan kurangnya nilai persatuan dan kesatuan. Pengembangan media Booklet berbasis QR Code yang memuat penguatan karakter toleransi siswa merupakan solusi yang ditawarkan peneliti pada penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media Booklet berbasis QR Code yang layak dan baik, guna membantu dalam proses pembelajaran yang dilengkapi dengan penguatan karakter toleransi siswa. Jenis penelitian dan pengembangan (RnD) yang digunakan dalam penelitian ini sesuai dengan model Borg and Gall, yang memiliki 7 fase pengembangan yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan. Hasil validasi oleh ahli materi memperoleh 97,5%, ahli media 90%, dan ahli bahasa 92,5%. Sasaran uji coba produk sejumlah 20 siswa kelas V UPT SDN Tlogo 02 Kabupaten Blitar dengan memperoleh jumlah nilai akhir keseluruhan 100 pada penguatan karakter toleransi siswa.  Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media ini dapat digunakan tanpa revisi dan sangat layak digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...