Latar Belakang : Menghadapi kendala-kendala proses belajar mengajar, peran guru dan pihak terkait lainnya sangat penting untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa. Solusi yang dapat dilakukan antara lain adalah mengadopsi metode pengajaran yang lebih interaktif dan menarik. Two Stay Two Stray adalah salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih aktif dan interaktif dalam proses belajar mengajar. Tujuan : Dengan menerapkan metode Two Stay Two Stray diharapkan mampu meningkatkan kektifan siswa dalam proses Belajar mengajar. Serta meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi kesebangunan. Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian Tindakan Kelas merupakan ragam penelitian pembelajaran yang berkonteks kelas yang dilaksanakan oleh guru untuk memecahkan masalah pada kegiatan belajar mengajar. Tingkat keberhasilan pada penelitian tindakan kelas ini ditandai dengan perubahan ke arah perbaikan. Ketuntasan klasikal pada penelitian ini yaitu 85% untuk semua aspek penilaian. Hasil dan Pembahasan : Sebelum dilakukan penelitian, persentase ketuntasan hasil belajar Matematika hanya 10 siswa atau mencapai 33,33%. Pada siklus I hasil belajar Matematika meningkat menjadi 18 siswa atau sekitar 60,00% dengan rata-rata sebesar 74,62 dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 26 siswa atau mencapai 86,67% dengan rata-rata sebesar 79,63. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa metode Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi pokok kesebangunan pada siswa kelas IX-C MTs Negeri 2 Demak tahun pelajaran 2021/2022.
Copyrights © 2023