Central Publisher
Vol 1 No 3 (2023): Jurnal Central

UJI KEAKTIFAN BELAJAR TIK PADA SISWA KELAS VII.1 DI MTS NEGERI 3 DEMAK DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DYNAMIC GROUP

Mastur (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Latar Belakang : Dalam proses pembelajaran terdapat guru yang menggunakan metode pembelajaran dengan pendekatan tradisional. Pendekatan tradisional hanya untuk mengahafal konsep-konsep mata pelajaran yang diberikan saja dan siswa kurang mampu untuk memahami dengan maksimal serta mengembangkan kemampuan kognitif. Seiring perkembangan zaman muncul berbagai metode dengan memanfaatkan interaksi dalam kelompok untuk menumbuhkan kerjasama, kebersamaan, kepercayaan dalam mencapai tujuan tertentu. Metode tersebut dikenal dengan istilah dynamic group. Tujuan : Mendeskripsikan efektifitas metode dynamic group pada kegiatan belajar mengajar dalam usaha meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII.1 MTs Negeri 3 Demak. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang sering dikenal dengan istilah Classroom Action Research (CAR) yang terdiri dari Tiga Siklus dengan pendekatan metode pwembelajaran dynamic group. Deskriptif Kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk menganalisa data-data yang didapat. Hasil dan Pembahasan : Keaktifan siswa dalam kelompok dilihat dari aspek mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain atau guru mengalami pencapaian dari siklus I adalah 51% meningkat menjadi 91% pada akhir siklus II. Aspek memberikan pendapat atau argumentasi dari siklus I adalah 52% meningkat menjadi 81% pada akhir siklus II. Keaktifan siswa dari aspek partisipasi siswa dalam presentasi tiap kelompok pencapaian dari siklus I adalah 55% menjadi 90% pada akhir siklus II. Aspek saling membantu dalam satu kelompok dari siklus I adalah 55% menjadi 87% pada akhir siklus II. Keaktifan siswa dari aspek partisipasi siswa dalam diskusi kelas dari siklus I adalah 45% menjadi 97% pada akhir siklus II. Dan Rata-rata persentase siklus I sebesar 48% meningkat menjadi 100% pada akhir siklus II. Kesimpulan : Metode dynamic group dapat meningkatkan hasil belajar TIK siswa Kelas VII.1 MTs Negeri 3 Demak dapat dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siswa bahwa nilai rata-rata sisklus I dengan rata-rata 3,48 dengan ketuntasan 90% dan pada siklus II diperoleh rata-rata 3,77 dengan ketuntasan 100%. Menunjukan peningkatan nilai rata-rata 0,29 poin dengan peningkatan persentase ketuntasan 10%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...