Central Publisher
Vol 1 No 3 (2023): Jurnal Central

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX-F MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING PADA MATA PELAJARAN SKI

Rois Sholikhudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2023

Abstract

Latar Belakang: Dalam proses pembelajaran agar memperoleh hasil yang baik maka pemilihan Metode harus sesuai dengan materi yang diajarkan. Metode Mind Mapping ini merupakan pembelajaran aktif yang dapat mendorong peserta didik ikut serta dalam proses pembelajaran yang dapat diterapkan pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Metode ini dianggap cocok digunakan dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai sejarah masa lampau yang penting untuk dipelajari dan mempunyai arti penting bagi kehidupan manusia. Memahami makna dari materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) tersebut tidak mudah, oleh karena itu dengan memakai Metode Mind Mapping ini diharapkan peserta didik memperoleh pengetahuan, pengalaman dan prestasi dari hasil belajar tersebut. Dalam Metode Mind Mapping ini, semua anggota kelompok bersama-sama mempelajari materi tersebut, saling memberi arahan, saling memberikan pertanyaan dan jawaban untuk memahami mata pelajaran tersebut. Tujuan : Mengetahui proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan Kerajaan Islam di Indonesia melalui Metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan Kerajaan Islam di Indonesia. Serta mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) pokok bahasan Kerajaan Islam di Indonesia melalui Metode Mind Mapping di MTs Negeri 2 Demak. Tahun Pelajaran 2022/2023. Metode : Metode penelitian adalah cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitiannya. Penelitian tindakan kelas dalam bahasa inggris disebut dengan istilah classroom action research, yang belakangan ini menjadi trend para guru pendidikan yang akhir-akhir ini banyak yang menaruh perhatian yang cukup besar terhadap penelitian tindakan kelas. Hasil dan Pembahasan: Hasil dan Pembahasan Aktivitas belajar siswa yang diamati meliputi tiga indikator yaitu rasa ingin tahu, kerjasama dan toleransi. Dengan menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping, aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai 60,12% Sedangkan pada kegiatan siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 83,93%. Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...