Jurnal Sains Matematika dan Statistika
Vol 9, No 2 (2023): JSMS Juli 2023

Analisis Viral Marketing Pada Online Customer Terhadap Minat Pembelian Melalui Tiktok Shop Dengan Regresi Linier Sederhana

Harizahayu Harizahayu (Politeknik Negeri Medan)
Koko Hermanto (Universitas Teknologi Sumbawa)
Ratna Ratna Yuniarti (ITSKes Muhammadiyah Selong)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Regresi linier sederhana digunakan untuk mencari korelasi antara satu variabel dependen dengan satu variabel independen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana viral marketing dan minat pengguna mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian secara online. Walaupun penelitian dilakukan berulang kali dengan menggunakan kuesioner yang sama, uji reliabilitas digunakan untuk menilai tingkat konsistensi kuesioner untuk menentukan apakah dapat diandalkan untuk mengukur suatu variabel penelitian. Metode yang digunakan adalah korelasi product moment untuk menilai tingkat validitas kuesioner berdasarkan nilai korelasi (r) dengan total skor 0,25 untuk masing-masing variabel dari kuesioner yang berjumlah 513 responden yang disebar melalui berbagai platform media sosial seperti Whatsapp, Instagram, dan Facebook. Sedangkan untuk pemodelan regresi linier dengan variabel independen minat penggunna aplikasi Tiktok (x1) dan viral marketing (x2) mempengaruhi keputusan untuk membeli produk secara online, maka diperoleh model regresi linier Y=5,53+0,554x1+0,171x2+e.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSMS

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal JSMS (print ISSN: 2460-4542 dan online ISSN: 2615-8663) adalah akademik jurnal yang diterbitkan dua kali setahun (Januari dan Juli). Jurnal JSMS bertujuan menerbitkan hasil penelitian berkualitas tinggi yang direview oleh beberapa orang reviewer di bidang Matematika dan Statistika yang ...