Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika
Vol 5, No 2 (2023): Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas XI dalam Menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum)

Annisa Rigita Putry (Universitas PGRI Semarang)
Muhtarom Muhtarom (Universitas PGRI Semarang)
Dewi Wulandari (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2023

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa SMA kelas XI dalam menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Penelitian ini dilakukan di SMA PGRI 1 Pati. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang diambil adalah 5 siswa di kelas XI MIPA 1 SMA PGRI 1 Pati berdasarkan hasil tes kemampuan numerasi sesuai bentuk soal AKM yaitu kemampuan menyelesaikan bentuk soal pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, menjodohkan, isian singkat dan uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni tes tertulis dan tes wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yakni reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi Teknik. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa  kelima subjek mampu menyelesaikan soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) sesuai  bentuk soal AKM dan memenuhi indikator numerasi dengan baik

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

imajiner

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu di ranah matematika dan pendidikan. Lingkup dari fokus utama tersebut meliputi pendidikan dan terapan. ...