JPIn : Jurnal Pendidik Indonesia
Vol 6, No 1: April 2023

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Gamping

Azizah Azis (Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Denpasar, Bali, Indonesia)
Farida Setiani (Mahasiswa Pendidikan Matematika, Universitas PGRI Yogyakarta, Bantul, Yogyakarta)
Suci Rahmawati (Sistem Informasi, Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Denpasar, Bali, Indonesia)
Alfian Anhar (Statistik, Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Denpasar, Bali, Indonesia)
Windy Lestari (Statistik, Institut Sains dan Teknologi Nahdlatul Ulama Bali, Denpasar, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep matematika pada materi bilangan pecahan untuk siswa SMP kelas VII dan untuk mengetahui kualitas LKS ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Pengembangan LKS mengikuti prosedur ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Kualitas LKS dideskripsikan berdasarkan hasil penelitian kevalidan isi LKS oleh ahli materi dan ahli media. Aspek kepraktisan LKS diukur menggunakan hasil penilaian angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan untuk mengukur aspek keefektifan LKS menggunakan hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika. LKS berbasis pendekatan saintifik untuk memfasilitasi kemampuan pemahaman konsep dikembangkan dengan prosedur ADDIE dan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. LKS dinyatakan valid oleh ahli materi dengan skor rata-rata 3,3 dan ahli media dengan skor rata-rata 3,1 yang termasuk kriteria baik. LKS dinyatakan praktis ditunjukkan oleh rata-rata skor angket respon siswa sebesar 2,9 yang termasuk kriteria baik dan ditunjukkan oleh rata-rata keterlaksanaan pembelajaran sebesar 21,5 yang termasuk kriteria sangat baik. LKS dinyatakan efektif dari hasil tes kemampuan pemahaman konsep matematika yang memperoleh rata-rata ketuntasan dari keseluruhan indikator kemampuan pemahaman konsep matematika sebesar 73,02 yang termasuk kriteria baik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPIn

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn) mempublikasikan artikel kajian teori atau penelitian terkait dengan Pendidikan. JPIn menerima publikasi dari guru-guru (PAUD, SD, SMP, SMA), Dosen, serta dari pemerhati dan peneliti ...