Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM)
Vol. 11 No. 1 (2023): April

UKURAN PERUSAHAAN MEMODERASI KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: (Studi Kasus Pada Perusahaan Penghasil Bahan Baku di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2017-2021)

Ari Faisania (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Ati Retna Sari (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)
Dimas Emha Amir Fikri Anas (Universitas PGRI Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat memutuskan dan menguraikan dampak kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan yang dimoderasi oleh ukuran perusahaan dalam perusahaan penghasil bahan baku di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017-2021. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan penghasil bahan baku yang tercatat di BEI. Sembilan perusahaan dimasukkan dalam sampel, yang diamati selama lima tahun, dari 2017 hingga 2021. Strategi pengambilan sampel purposive sampling digunakan untuk memilih sampel untuk penelitian ini. Contoh teknik penjaminan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan memanfaatkan partial least squares (PLS). Konsekuensi dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, leverage, dan kebijakan dividen tidak dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Nilai perusahaan secara signifikan dipengaruhi oleh profitabilitas. Ukuran perusahaan dapat memoderasi profitabilitas pada nilai perusahaan. Ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada likuiditas, leverage, atau kebijakan dividen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JRMM

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM) terbit 2 (dua) kali dalam setahun (April, Oktober) berisi publikasi hasil-hasil penelitian tugas akhir mahasiswa, karya ilmiah mahasiswa, serta penelitian mahasiswa dan dosen di bidang Manajemen. JRMM diterbitkan oleh Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas ...