Martabe : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 6, No 6 (2023): martabe : jurnal pengabdian kepada masyarakat

PELATIHAN MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN DIGITAL BAGI UMKM DI KOTA PEMATANG SIANTAR

Muhammad Arifin Lubis (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Ahmad Afandi (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Rahmayati Rahmayati (Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Artikel ini membahas tentang pelaksanaan pelatihan manajemen strategi pemasaran digital bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Lazismu Kota Pematang Siantar. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman UMKM tentang pemasaran digital, mengenali peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital, dan mempelajari praktik terbaik dalam memanfaatkan media digital untuk mempromosikan produk dan layanan mereka. Metode yang digunakan meliputi analisis kebutuhan pelatihan, persiapan, pelaksanaan pelatihan, dan evaluasi. Hasil dari pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman, keterampilan, dan manfaat yang signifikan bagi UMKM. Pelatihan ini memberikan dampak positif dalam meningkatkan pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis UMKM, serta memiliki implikasi praktis yang signifikan dalam pengembangan ekonomi lokal dan peningkatan lapangan kerja. Disarankan untuk melibatkan lebih banyak UMKM dan melakukan pengembangan program pelatihan yang berkelanjutan untuk memastikan kesinambungan penggunaan strategi pemasaran digital oleh UMKM di Kota Pematang Siantar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

martabe

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Education Social Sciences

Description

Martabe Journal -Jurnal Pengabdian Masyarakat, published by Institute of Research and Community Service Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. This journal contains the results of publication lecturers to the community of agrokompleks, Teacher Training and Science of teknosains, and sosbudkum ...