Jurnal Ilmu Pemerintahan Widya Praja
Vol 49 No 1 (2023)

EVALUASI PENERAPAN LAYANAN APLIKASI REAKSI ATAS BERITA WARGA (RABEG) DI KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Daffa Febratama (Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Banten)
Ika Sartika (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)
Agung Nurrahman (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis penerapan layanan aplikasi RABEG oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang. Adapun dengan adanya penerapan electronic-government (e-Gov) Pemerintah Kota Serang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Serang telah meluncurkan aplikasi RABEG (Reaksi Atas Berita Warga) sebagai sarana pengaduan masyarakat dalam memajukan Kota Serang. Dalam penelitian ini menggunakan teori model Sistem Informasi menurut O’Brien (Sumber Daya Manusia, Perangkat Keras, Perangkat Lunak, Data dan Jaringan Komunikasi). Metode penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan studi dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, menggunakan triangulasi. Hasil penelitian diketahui bahwa Layanan Aplikasi RABEG belum berjalan dengan optimal, dikarenakan kurang responsif nya operator dalam merespon pertanyaan dan menindaklanjuti keluhan, kurangnya sarana dan prasarana, kurangnya sarjana komputer dan kurang akses jaringan internet yang menyeluruh dalam menerapkan layanan aplikasi RABEG. Rekomendasi peneliti yaitu diberlakukannya sanksi bagi operator yang lamban merespon keluhan warga, perlu dilakukan pengajuan tenaga dengan kompetensi dan keahlian di bidang komputer khususnya sarjana komputer. Selain itu perlu menambah sarana dan prasarana seperti komputer dan jaringan internet. Perlu meningkatkan software aplikasi sehingga masyarakat dapat dengan mudah menggunakan layanan aduan aplikasi RABEG. Kata kunci; Evaluasi, Aduan, Aplikasi RABEG.

Copyrights © 2023