Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan
Vol. 1 No. 2 (2023): April : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Kebudayaan

PENERAPAN METODE FIELD TRIP DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMK KREATIF

Leni Marlina (STKIP Yapis Dompu)
Hasan (STKIP Yapis Dompu)
Heni Purwani (STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
14 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penerapan metode field trip dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMK Kreatif Pembelajaran 2022/2023 mulai dari perencanaan. Metode field trip digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang melibatkan kegiatan di luar ruangan, dengan tujuan memperkaya pengalaman siswa dan merangsang kreativitas mereka dalam menulis puisi. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara dengan para guru, dan penilaian terhadap puisi yang ditulis oleh siswa. Data dianalisis secara kualitatif untuk mengidentifikasi perubahan dalam kemampuan menulis puisi siswa sebelum dan sesudah penerapan metode field trip. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode field trip dalam pembelajaran menulis puisi mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam merangkai kata-kata, memahami gaya sastra, serta mengekspresikan perasaan dan ide dalam puisi mereka. Selain itu, metode ini juga mendorong keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran, meningkatkan minat mereka terhadap puisi, dan memperluas wawasan mereka melalui pengalaman langsung di luar kelas.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkppk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistik: fonologi, morfologi, sintaksis, semantik, pragmatik, sosiolinguistik, analisis percakapan, analisis wacana kritis Sastra: sastra kontemporer, sastra komparatif, pendekatan interdisipliner dalam sastra, kritik sastra, sastra dan sejarah, sastra dan media, sastra dan seni lainnya, puisi ...