Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 3 No. 2 (2023): JECCO: Sixth Edition

Implementasi program pendidikan tahfidz Al-Qur’an dimasa Pandemi Covid-19

Siska Pratama (Universitas Negeri Padang)
Isnarmi Isnarmi (Universitas Negeri Padang)
Hasrul Hasrul (Universitas Negeri Padang)
Susi Fitria Dewi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk Program Tahfidz Al-qur’an dan faktor pendukung serta implikasi Program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang dimasa Pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 42 Padang. Adapun yang dijadikan informan penelitian yaitu para guru dan siswa. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan observasi. Untuk memastikan data yang diperoleh valid, dilakukan pengujian data melalui triangulasi metode dan triangulasi sumber. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisa data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program Tahfidz Al-qur’an di SMP Negeri 42 Padang menggunakan buku saku dan dengan menggunakan metode akselerasi dimana dalam pelaksanaan metode ini siswa bisa menghafal Al-qur’an dengan cepat sehingga mereka bisa mengenali huruf dan tajwid dengan baik. Kemudian Faktor pendukung dalam pelaksanaan Tahfidz Al-qur’an yaitu memudahkan siswa untuk memasuki jenjang pendidikan yang mereka inginkan, selain itu juga menjadi penunjang dalam prestasi akademik dan non akademik dimana mereka bisa menjadi utusan dari sekolah untuk berbagai perlombaan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...