Menara Ilmu
Vol 17, No 1 (2023): Vol 17 No. 01 JULI 2023

Analisis Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kualitas Pelayanan Sebagai Variabel Pemediasi Pada Cafe Es Teh Indonesia Cabang Ampang Padang

Eliza Eliza (Universitas Putra Indonesia YPTK, Jalan Raya Lubuk Begalung Padang)
Muhammad Farhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

ABSTRAK: Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk menguji seberapa besar kualitas produk dan harga berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan variabel pemediasinya adalah kualitas pelayanan pada Cafe Es Teh Indonesia Cabang Ampang Padang. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu melalui survei lapangan dengan menyebarkan kuesioner sebanyak 78 sebagai sampel dari penelitian ini (responden). Selanjutnya, analisis menggunakan SEM (Structural Equation Modeling), adalah SmartPLS 4. Berdasarkan penelitian ini, hasil pengujian hipotesis (Direct Effect) atau pengaruh secara langsung, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kualitas pelayanan, tidak terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap kualitaspelayanan, terdapat pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap loyalitaspelanggan, terdapat pengaruh yang signifikan harga terhadap loyalitas pelanggan, terdapat pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Sedangkan, pengujian hipotesis (Indirect Effect), yang dalam hal ini secara tidak langsung, menunjukkan bahwa kualitas layanan dapat memediasi kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, kualitas layanan tidak dapat memediasi harga terhadap loyalitas pelanggan. Kedepannya, sangat diharapkan kepada perusahaan harus lebih memperhatikan kualitas layanan agar tetap menunjang kepuasan agar konsumen menjadi loyal, dengan cara lebih memperhatikan layanan yang diberikan kepada konsumen, seperti: melakukan pelayanan yang benar, cepat tanggap melayani konsumen, memperhatikan etika saat memberikan pelayanan dan lebih berempatiterhadap konsumen, sehingga mampu mengembangkan Café Es Teh Indonesia ini lebih baik dan siap bersaing dengan produk lainnya. Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

menarailmu

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education

Description

MENARA ILMU, Merupakan Jurnal Penelitian dan Kajian Ilmiah yang Diterbitkan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Penyunting menerima kiriman naskah hasil kajian dan penelitian untuk bidang Eksakta, pendidikan/sosial dan Agama Islam untuk ...