Keterlibatan pemerintah berperan aktif dalam memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi melalui implementasi layanan E-Government. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik kepada masyarakat. Salah satu layanan E-Government yaitu Aplikasi Ogan Lopian yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang bertujuan untuk menghubungkan, memantau, menganalisis, dan mengendalikan sumber daya yang ada di wilayah tersebut agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, penggunaan dari aplikasi Ogan Lopian memiliki permasalahan dari segi tampilan yang kurang menarik dan kaku, dari segi kegunaan yang kurang informatif dan user friendly. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Ogan Lopian agar adanya peningkatan dan evaluasi dari segi tampilan dan fitur dengan menggunakan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pendekatan Design Thinking untuk menciptakan sebuah inovasi baru dan menyelesaikan masalah dengan fokus pada kebutuhan pengguna. Pada tahapan Ideate terkumpul 6 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian dengan desain baru. Peneliti melakukan pengujian terhadap 5 responden melalui usability testing. Setelah dilakukannya usability testing, responden akan diberikan penilaian usability dengan teknik System Usability Scale. Penilaian tersebut memperoleh nilai 93,5 dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang pada aplikasi Ogan Lopian menggunakan metode design thinking mampu memberikan solusi dari permasalahan yang ada dan membuat pengguna lebih user friendly ketika menggunakan aplikasi. Keterlibatan pemerintah berperan aktif dalam memaksimalkan pemanfaatan kemajuan teknologi dan informasi melalui implementasi layanan E-Government. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan kualitas pelayanan publik berbasis elektronik kepada masyarakat. Salah satu layanan E-Government yaitu Aplikasi Ogan Lopian yang merupakan inovasi dari Pemerintah Kabupaten Purwakarta yang bertujuan untuk menghubungkan, memantau, menganalisis, dan mengendalikan sumber daya yang ada di wilayah tersebut agar dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Namun, penggunaan dari aplikasi Ogan Lopian memiliki permasalahan dari segi tampilan yang kurang menarik dan kaku, dari segi kegunaan yang kurang informatif dan user friendly. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan perancangan ulang User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada aplikasi Ogan Lopian agar adanya peningkatan dan evaluasi dari segi tampilan dan fitur dengan menggunakan Design Thinking yang mencakup tahap Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Pendekatan Design Thinking untuk menciptakan sebuah inovasi baru dan menyelesaikan masalah dengan fokus pada kebutuhan pengguna. Pada tahapan Ideate terkumpul 6 permasalahan yang akan dibuatkan penyelesaian dengan desain baru. Peneliti melakukan pengujian terhadap 5 responden melalui usability testing. Setelah dilakukannya usability testing, responden akan diberikan penilaian usability dengan teknik System Usability Scale. Penilaian tersebut memperoleh nilai 93,5 dapat disimpulkan bahwa perancangan ulang pada aplikasi Ogan Lopian menggunakan metode design thinking mampu memberikan solusi dari permasalahan yang ada dan membuat pengguna lebih user friendly ketika menggunakan aplikasi.
Copyrights © 2023