JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Studi Literatur Penerapan Model Discovery Leaning untuk Meningkatkan Pemahaman pada Teks Laporan Hasil Observasi

Zherry Putria Yanti (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Adzkia Padang)
Atika Gusriani (Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Adzkia Padang)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2023

Abstract

Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks yang ada pada kurikulum 2013 memiliki banyak teks yang harus dipelajari salah satunya adalah teks laporan hasil observasi. Teks ini disusun berdasarkan hasil dari pengamatan suatu objek. Pembelajaran mengenai teks ini terdapat pada materi siswa kelas X. Tujuan dari teks ini yaitu mengelompokkan jenis dan menggambarkan fenomena. Melalui model Discovery Learning peserta didik diharapkan dapat meningkatkan prestasi dalam menulis teks laporan hasil observasi, meningkatkan keberanian dalam memaparkan pendapat agar sesuai dengan ciri bahasa dan struktur teks. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Sumber informasi dan ragam informasi secara tertulis berkonsentrasi pada penelitian dari informasi perpustakaan, membaca dengan teliti, mencatat, dan menangani bahan penelitian dari bahan pemahaman yang berbeda, di antaranya artikel, jurnal, buku paket, dan hasil penelitian lainnya yang relevan dengan topik penelitian ini. Data yang dikumpulkan dan dianalisis adalah data sekunder berupa jurnal hasil penelitian yang relevan dengan topik penelitian ini dan dapat dipertanggungjawabkan. Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi yang sudah menggunakan model Discovery Learning memberikan pengaruh yang baik. Penggunaan model Discovery Learning membuat siswa nyaman dan senang dalam proses pembelajaran. Dapat dilihat dari semangat dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan model Discovery Learning. Penerapan model Discovery Learning pada pembelajaran teks laporan hasil observasi juga dapat mengasah rasa tanggung jawab dan keinginan dalam menulis. Kepuasan dan peningkatan rasa percaya diri diperoleh peserta didik karena telah mengungkapkan perasaan melalui sebuah tulisan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...