SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2 (2023): July - December

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada PT. Pegadaian Syariah

A Khaerunnisa (PPs STIE Amkop Makassar)
Abdul Razak Munir (Unknown)
Fahrina Mustafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilakukan yang bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui pengaruh secara parsial dimensi kualitas layanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sengkang. (2) Untuk mengetahui pengaruh secara simultan dimensi kualitas layanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sengkang. Penelitian ini menggunakan data primer melalui menyebaran kuesioner kepada sebanyak 98 nasabah sebagai sampel dari seluruh jumlah nasabah mulai tahun 2019 sampai 2021 sebanyak 6.271 nasabah, pengumpulan data dilakukan dari bulan September sampai November 2022. Data dianalisis dengan menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan bantuan Program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) secara parsial dimensi kualitas layanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sengkang. (2) secara simultan dimensi kualitas layanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), emphaty (empati), berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian Syariah Cabang Sengkang. Kata Kunci: Tekanan Keuangan, Kapitalis Pasar, Nilai Pasar Perusahaan

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...