Perkembangan sosial merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan yang harus diutamakan dalam pembelajaran melalui bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan permainan tradisional yaitu permainan buah para (karet). Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Bangkinang pada semester II tahun ajaran 2022-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah sampel penelitian sebanyak 43 anak yang diambil secara sampling jenuh dari Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Bangkinang. Masing-masing memiliki 2 kelompok sampel, 1. Kelompok eksperimen sebanyak 22 anak, 2. Kelompok kontrol sebanyak 21 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil lembar observasii secara langsung dengan tes eksperimen pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji t, pada taraf signifikansi<=0,05.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thimng-0,92>ttabei = 0,89 maka H0 ditolak atau Hi diterima. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengembangan sosial emosional anak antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol di Aisyiyah 2 Bangkinang
Copyrights © 2023