JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun melalui Permainan Tradisional Adu Buah Para (Buah Karet) di Taman Kanak-Kanak Asiyiyah 2 Bangkinang

Rahmah Rahmah (STKIP Aisyiyah Riau)
Herwina Herwina (STKIP Aisyiyah Riau)



Article Info

Publish Date
13 Jul 2023

Abstract

Perkembangan sosial merupakan salah satu aspek penting pada perkembangan yang harus diutamakan dalam pembelajaran melalui bermain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dengan permainan tradisional yaitu permainan buah para (karet). Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Bangkinang pada semester II tahun ajaran 2022-2023. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Jumlah sampel penelitian sebanyak 43 anak yang diambil secara sampling jenuh dari Taman Kanak-Kanak Aisyiyah 2 Bangkinang. Masing-masing memiliki 2 kelompok sampel, 1. Kelompok eksperimen sebanyak 22 anak, 2. Kelompok kontrol sebanyak 21 anak.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil lembar observasii secara langsung dengan tes eksperimen pengembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah dengan uji t, pada taraf signifikansi<=0,05.Berdasarkan analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thimng-0,92>ttabei = 0,89 maka H0 ditolak atau Hi diterima. Dengan demikian penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil pengembangan sosial emosional anak antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol di Aisyiyah 2 Bangkinang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...