Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal. (2). Dampak inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru MAN 2 Mandailing Natal. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya inovasi pembelajaran yaang berupa pemberian media ajar seperti buku kontrol hafalan, media alam, infocus dan media ajar lain serta pelaksanaan metode pembelajaran CTL yang dibuat oleh guru sesuai dengan materi yang berkaitan. (2) Dampak inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal yaitu berkembangnya motivasi siswa di berbagai bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik di tandai dengan pemerolehan berbagai prestasi di bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu peningkatan motivasi siswa ditandai dengan bertambahnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Copyrights © 2023