JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mandailing Natal

Rizqi Rahmadhani (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Magdalena Magdalena (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)
Zainal Efendi Hasibuan (UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal. (2). Dampak inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan. Data primer dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah dan guru MAN 2 Mandailing Natal. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Adanya inovasi pembelajaran yaang berupa pemberian media ajar seperti buku kontrol hafalan, media alam, infocus dan media ajar lain serta pelaksanaan metode pembelajaran CTL yang dibuat oleh guru sesuai dengan materi yang berkaitan. (2) Dampak inovasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam peningkatan motivasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Mandailing Natal yaitu berkembangnya motivasi siswa di berbagai bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam menunjukan hasil yang baik di tandai dengan pemerolehan berbagai prestasi di bidang mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, selain itu peningkatan motivasi siswa ditandai dengan bertambahnya keaktifan siswa pada saat pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...