JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Tata Kelola Drainase Perkotaan Sigeleng dalam Mengatasi Banjir di Kecamatan Brebes

Edwin Fajari Rizqullah (Universitas Muhadi Setiabudi)
Yulia Feriska (Universitas Muhadi Setiabudi)
Mohamad Tolani (Universitas Muhadi Setiabudi)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2023

Abstract

Secara struktur drainase di Kecamatan Brebes dan sekitarnya pada umumnya adalah pasang batu, namun pemeliharaan yang kurang baik sehingga sedimentasi atau pendangkalan terjadi dan banyaknya sampah yang menumpuk di saluran mengakibatkan kurang lancarnya sistem pengaliran di dalam saluran tersebut sehingga menimbulkan genangan di beberapa titik yaitu di Kelurahan Limbangan Kulon, Kelurahan Limbangan Wetan, Kelurahan Brebes, dan Kelurahan Pasarbatang. Untuk mengetahui kondisi sistem drainase di Kec. Brebes menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan pembobotan, sedangkan untuk mengetahui arahan sistem drainase menggunakan analisiss SWOT. Kondisi Drainase di Kec. Brebes yang buruk disebabkan oleh sedimentasi dan buangan air limbah yang sangat tinggi sehingga menyebabkan drainase mengalami kedangkalan dan juga sistem drainase yang tidak memadai. Waktu Genangan berada pada 10 – 140 menit. Arahan sistem drainase di Kelurahan Limbangan Kulon dibuat dengan berkonstruksi beton atau pengerasan secara keseluruhan dan strategi sinergitas masyarakat dan pemerintah, dimana masyarakat mendorong pemerintah dalam memperbaiki rencana sistem drainase yang lebih baik untuk menanggulangi kemungkinan banjir dan partisipasi masyarakat untuk mengembangkan program pemberdayaan masyarakat dalam mengkontrol terhadap lingkungan khususnya untuk drainase lingkungan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...