JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Keterampilan Berbicara Siswa Kelas II Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Dongeng

Rosita Tirtasari (Universitas PGRI Semarang)
Khusnul Fajriyah (Universitas PGRI Semarang)
Joko Sulianto (Universitas PGRI Semarang)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2023

Abstract

Keterampilan berbicara merupakan salah satu keterampilan berkomunikasi yang harus dimiliki oleh peserta didik di abad 21. Penelitian ini ditujukan untuk menjawab hasil analisis dan mendeskripsikan keterampilan berbicara siswa kelas II pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi dongeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II B SDN Wonotingal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil analisis angket keterampilan berbicara siswa pada siswa rerata didapatkan 72% pada kategori baik, dengan empat indikator yaitu kesesuaian ucapan dengan topik (70%), ketepatan pemilihan kata dan ejaan (65%), ketepatan penyusunan kalimat (80%), serta intonasi dan ekspresi (72%). Sedangkan hasil analisis angket keterampilan berbicara siswa dari peneliti rerata didapatkan 71% pada kategori baik, dengan empat indikator yaitu kesesuaian ucapan dengan topik (72%), ketepatan pemilihan kata dan ejaan (64%), ketepatan penyusunan kalimat (76%), serta intonasi dan ekspresi (73%).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...