Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan yaitu (1) adanya tamu yang tidak puas terhadap pelayanan hotel, (2) rendahnya persentase repeater guest serta terdapat tamu yang tidak ingin kembali menginap di hotel, (3) pelayanan yang tidak ramah dari manager hotel terhadap tamu, (4) tamu yang kecewa terhadap ketidakprofesionalan karyawan hotel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kepuasan tamu terhadap repurchase intention di Hotel Daima Padang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi penelitian ini adalah tamu yang menginap di Daima Hotel Padang. Sampel penelitian berjumlah 97 orang tamu hotel dengan teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner (angket) dengan skala likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data dari penelitian ini diolah dengan menggunakan SPSS 25.00. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan tamu berada pada kategori kurang puas dengan persentase 47,42%. Selanjutnya pada variabel repurchase intention berada pada kategori minat datang kembali dengan persentase 59,79%. Pengaruh kepuasan tamu (X) terhadap repurchase intention (Y) dengan R2 = 0,255 dengan persentase sebesar 25,50%, dengan signifikan 0.000 < 0.05. jadi terdapat pengaruh X terhadap Y sebesar 25,50%, sedangkan 74,50% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Copyrights © 2023