JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Penerapan Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP

Oksi Anggraeni Ifanka Putri (Universitas Negeri Surabaya)
Mohamad Budiyanto (Universitas Negeri Surabaya)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil belajar kognitif dan respons siswa dengan diterapkannya Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ialah pra-eksperimen design. Sampel penelitian yaitu 32 siswa VII-B SMP Islam Brawijaya Mojokerto Tahun Ajaran 2022/2023. Hasil belajar kognitif mengalami peningkatan. Dibuktikan dari hasil uji N-gain sebesar 0,42 berarti ada peningkatan sedang. Hasil uji-t menunjukkan ada perbedaan signifikan antara hasil belajar kognitif sebelum dan sesudah diterapkannya model kooperatif TGT. Respons siswa yang dihasilkan adalah sangat baik. Disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe TGT pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa SMP.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...