JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Peningkatan Pemahaman Siswa tentang Nilai Karakter-Peduli Menggunakan Media Film

F Ariani (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
R. Kumala Sari (Universitas Putra Indonesia YPTK Padang)
M Elsi (Universitas Baiturrahmah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini berdampak pada hilangnya kepedulian siswa terhadap sesama. Mereka perlu menanamkan nilai-nilai karakter peduli melalui inovasi media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan zaman. Film dapat menjadi salah satu media yang dapat digunakan dalam menyampaikan materi nilai peduli karakter agar diterima dengan baik oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat tingkat keberhasilan penggunaan media film dalam meningkatkan pemahaman nilai karakter peduli siswa. Metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen, menggunakan model pretest-posttest control group design. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling yaitu 25 orang dari SMK N 4 dan 25 orang dari SMK N 6 Padang. Instrumen dalam penelitian ini adalah checklist dengan menggunakan skala Guttman. Data dianalisis menggunakan statistik non parametrik. Untuk menguji hasil penelitian ini digunakan uji peringkat bertanda Wilcoxon dan metode Sampel Kolmogorof Smirnov. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media film efektif digunakan terhadap siswa untuk meningkatkan pemahaman nilai karakter peduli secara signifikan. Penelitian ini masih mengungkap pemahaman siswa. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai langkah awal penelitian selanjutnya yang mengkaji keberhasilan penggunaan media film dalam mengubah perilaku siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...