Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul kimia berbasis PjBL-STEM pada materi reaksi kimia untuk fase E SMA dan menganalisis hasil validitas serta praktikalitas e-modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini dibatasi hingga tahap develop pada uji praktikalitas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket validitas dan praktikalitas. E-modul divalidasi oleh tiga dosen kimia dan dua guru kimia fase E di SMAN 16 Padang. Data validitas dianalisis dengan menggunkan rumus Aiken’s V dan data praktikalitas dianalisis dengan statistika deskriptif. Dari hasil penelitian didapatkan rata-rata skor validitas 0,85 dengan kategori sangat valid dan rata-rata skor praktikalitas 88% (oleh siswa) dan 86% (oleh guru) dengan kategori sangat praktis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul kimia berbasis PjBL-STEM pada materi reaksi kimia untuk Fase E SMA/MA valid dan praktis sehingga dapat diuji efektifitasnya.
Copyrights © 2023