JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Pengaruh Pembiasaan Shalat Dhuha terhadap Pendidikan Karakter Religius Siswa Kelas V di SDN Nginden Jangkungan 1 Surabaya

Mar’Atus Sholikhah (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
M. Sukron Djazilan (Universitas Muhammadiyah Riau)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Akhwani Akhwani4 (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pembiasaan shalat dhuha siswa (2) Untuk mengetahui pendidikan karakter religius siswa (3) Untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat dhuha terhadap pendidikan karakter religius siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Analisis data menggunakan analisis uji regresi sederhana dengan aplikasi SPSS26. Subyek sebanyak 34 responden yaitu siswa kelas V A. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Variabel (X) siswa memperoleh hasil rata-rata 86 dengan jumlah 2 siswa mendapat niali < 86 dalam kategori rendah, 24 siswa mendapat nilai 86 < X < 100 dalam kategori sedang, dan 8 siswa mendapat nilai > 86 dalam kategori tinggi. (2) Variabel (Y) siswa memperoleh hasil rata-rata 68 dengan jumlah 1 siswa mendapat nilai < 68 dalam kategori rendah, 31 siswa mendapat nilai 68 < X < 100 dalam kategori sedang dan 1 siswa mendapat nilai > 68 dalam kategori tinggi. (3) Berdasarkan hasil analisis regresi sederhana diperoleh Y = 10,145 + 0,392 X. Pengaruh variabel X terhadap Y ditunjukkan dengan koefisien determinasi 0,012. Kesimpulan semakin meningkat antusias siswa dalam melaksanakan pembiasaan shalat dhuha semakin baik pendidikan karakter religius siswa kelas VA di Sekolah Dasar Negeri Nginden Jangkungan 1 Surabaya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...