Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia
Vol 3 No 4 (2023): JAMSI - Juli 2023

Optimalisasi Peningkatan Kesadaran Masyarakat Terhadap Stunting dan Pengelolaan Keuangan di Desa Pasangsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang

Nur Hidayah (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Nandatama Ilmi Rachmawan (Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Farah Jauzaa Amelya (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Alisa Kusumawardani (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Keguruan dan Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Jessica Tosya Boseke (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)
Ervia Kholifatul. Ch (Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Psikologi dan Humaniora, Universitas Muhammadiyah Magelang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Stunting merupakan kondisi gagal pertumbuhan pada anak (pertumbuhan tubuh dan otak) akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Anak yang stunting memiliki perawakan yang lebih pendek dari anak normal seusianya dan memiliki keterlambatan dalam berpikir. Di Desa Pasangsari terdapat anak yang Stunting dengan jumlah 40 anak pada usia dini. Penyebabnya adalah kurang terpenuhinya gizi ibu saat hamil dan anak usia balita, sehingga anak terlahir normal namun tidak dengan masa pertumbuhan yang maksimal. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk menekan angka stunting di desa Pasangsari. Penurunan angka stunting yang optimal diperlukan pembinaan baik kepada masyarakat maupun perangkat desa secara bersama-sama tentang stunting, sehingga dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan perangkat desa tentang bahayanya stunting pada anak. Metode yang akan digunakan dalam kegiatan ini adalah metode Participatory Rural Appraisal (PRA). Peserta pelatihan akan diberikan materi berupa teori, simulasi dan praktek. Peserta pelatihan terdiri dari anak-anak, remaja, calon ibu, ibu hamil, dan ibu-ibu.. Jumlah peserta kegiatan ini sebanyak 20 orang. Kegiatan ini akan dipantau dan didampingi agar peserta pelatihan dapat meningkatkan kapasitasnya dalam perencanaan partisipatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jamsi

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Engineering Public Health

Description

Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya pendidikan, teknik, pertanian, sosial humaniora, komputer dan kesehatan. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI) ...