JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 2 (2023): Agustus 2023

Analisis Gerakan Budaya Gemar Literasi (Gedget) sebagai Upaya Meningkatkan Minat Baca di Pondok Pesantren Tahfidz Ibnu Aqil Medan

Azmatul Kholila (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Mardianto Mardianto (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Muhammad Irwan Padli Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2023

Abstract

Ada beberapa tujuan dilakukannya penelitian ini, yakni : 1.) untuk megetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan GEDGET (gerakan budaya gemar literasi) di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, 2.) keefektifan kegiatan GEDGET dalam meningkatkan minat baca santri pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, dan 3.) untuk mengetahui hasil kegiatan GEDGET dalam upaya meningkatkan minat baca santri di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemerolehan sumber data adalah dari data primer dan sekunder. Data primer didapat dari kepala sekolah, guru, pustakawan dan santri, sedangkan data sekunder didapat dari hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kegiatan GEDGET (gerakan budaya gemar literasi) di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil dilakukan selama 1 bulan, dengan melibatkan seluruh santri tingkat tsanawiyyah yang berjumlah 129 orang. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat baca santri di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, hal ini di perkuat dengan data dari perpustakaan yang menunjukkan peningkatan jumlah anak yang berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari seluruh santri. Pihak sekolah juga telah menyiapkan reward bagi santri yang paling banyak menyelesaikan bacaan bukunya dan mampu mempresentasikan ulang hasil bacaannya tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...