Ada beberapa tujuan dilakukannya penelitian ini, yakni : 1.) untuk megetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan GEDGET (gerakan budaya gemar literasi) di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, 2.) keefektifan kegiatan GEDGET dalam meningkatkan minat baca santri pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, dan 3.) untuk mengetahui hasil kegiatan GEDGET dalam upaya meningkatkan minat baca santri di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemerolehan sumber data adalah dari data primer dan sekunder. Data primer didapat dari kepala sekolah, guru, pustakawan dan santri, sedangkan data sekunder didapat dari hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini memberikan hasil bahwa kegiatan GEDGET (gerakan budaya gemar literasi) di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil dilakukan selama 1 bulan, dengan melibatkan seluruh santri tingkat tsanawiyyah yang berjumlah 129 orang. Kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan minat baca santri di pondok pesantren tahfidz Ibnu Aqil, hal ini di perkuat dengan data dari perpustakaan yang menunjukkan peningkatan jumlah anak yang berkunjung ke perpustakaan. Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari seluruh santri. Pihak sekolah juga telah menyiapkan reward bagi santri yang paling banyak menyelesaikan bacaan bukunya dan mampu mempresentasikan ulang hasil bacaannya tersebut.
Copyrights © 2023