JIMIA
Vol. 17 No. 1 (2023): Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi - JIMIA

ETIKA ISLAM DALAM BAURAN PROMOSI

Fauzi Caniago (Politeknik Pajajaran ICB Bandung)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2023

Abstract

Promosi merupakan  suatu upaya atau kegiatan dalam mempengaruhi agar mereka mau melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan, saat ini atau di masa yang akan datang.  Akan tetapi, di berbagai kesempatan sering kita menyaksikan sendiri baik langsung maupun melalui media sosial dan masa banyak  promosi-promosi yang tidak sesuai dengan aturan syariat islam. Jenis penelitian ini adalah  penelitian  deskriptif kualitatif, dengan memakai   jenis data sekunder serta menggunakan teknik pengumpulan data studi dokumen. Salah satu upaya  yang dilakukan produsen atau perusahaan untuk mempromosikan produknya  agar dapat diterima, diminati oleh masyarakat yaitu dengan menggunakan bauran promosi  yang sesuai dengan etika islam yaitu : a). Jujur dalam berpromosi, b). Jangan mudah mengobral sumpah  dalam berpromosi, c). Menghindari berpromosi palsu dan mudah mengobral janji, d).Teknik promosi  Sales force  tidak harus menggunakan daya tarik seksual, daya  tarik  emosional, dan kesaksian palsu (testimony buatan), e). Tidak merendahkan produk saingannya,  f.) Menjaga agar selalu memenuhi akad dan janji serta kesepakatan-kesepakatan di antara kedua belah pihak (pembeli dan penjual).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jimia

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) contains articles and scientific papers in the form of research and non-research results, both in government institutions or in the community. This journal focuses on the theoretical and practical study of administration public and public policy ...