cover
Contact Name
ADE SUDRAJAT
Contact Email
sudrajatade000@gmail.com
Phone
+6285315047900
Journal Mail Official
ojsjimia@unnur.ac.id
Editorial Address
JL CASSA NO. 2 LANUD SULAIMAN BANDUNG 40229
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
JIMIA
ISSN : 20857926     EISSN : 26214539     DOI : https://doi.org/10.56244/jimia.v17i1
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA) contains articles and scientific papers in the form of research and non-research results, both in government institutions or in the community. This journal focuses on the theoretical and practical study of administration public and public policy starting from the formulation, implementation, and evaluation of policies carried out by the government in dealing with the changing needs and demands of society. Therefore, the publication of this journal as a scientific media regarding issues of public policy, both in the form of legislation, legal government, regional regulations, policy government, and government programs and actions. The publication of this journal aims to disseminate theoretical and practical studies in the field of public policy throughout higher education, government institutions, non-governmental at the central, provincial, and city/district levels.
Articles 62 Documents
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL LINGKUNGAN PERUSAHAAN DI WILAYAH PEMERINTAHAN PROVINSI JAWA BARAT Ade Sudrajat
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan Lahirnya Perda Provinsi Jawa Barat No 2 Tahun 2013 Tentang Kebijakan Program Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan  (TJSLP)/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL)  dengan harapan golongan pengusaha baik BUMN, BUMD, maupun Pengusaha Swasta dapat berperan aktif dalam pembangunan di Jawa Barat. Sampai saat ini Program Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan  (TJSLP)/ Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di Jawa Barat sudah berjalan, tetapi Perusahaan yang berpartisipasi masih sebatas Perusahaan Negara, baik BUMN  maupun BUMD. Kalangan Pengusaha Swasta masih belum responsip terhadap program ini, sehingga hasil pembangunan dari Program Corporate Social Responsibility (CSR)/ Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan  (TJSLP)/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di Jawa Barat masih relatip sedikit. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Program Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan  (TJSLP)/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) di Jawa Barat belum efektif. Hal ini memerlukan dorongan dari berbagai pihak untuk optimalisasi pelaksanaan implementasi kebijakan yang berkaitan dengan Program Corporate Social Responsibility (CSR)/Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan  (TJSLP)/Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL). Kata Kunci : Implementasi Kebijakan, CSR, TJSLP, PKBL
ANALISA KONSEP PERENCANAAN STRATEGIS Arini Permatasari
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Awal abad ke 20 an, perencanaan strategis diterapkan oleh kalangan militer Amerika Serikat dan dipandang cukup berhasil. Dan pada tahun 1970 an untuk mengatasi kondisi krisis perekonomian di negara tersebut, maka perencanaan strategis digunakan oleh kalangan pemerintah. Apapun cara yang digunakan, perencanaan strategis merupakan suatu alat perencanaan yang bertujuan ke masa depan dengan mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan yang strategis yang terjadi di masa sekarang dan kemungkinan tetjadi di masa mendatang. Perencanaan strategis akan menjamin terjaganya dan terlindunginya eksistensi organisasi dengan peningkatan kualitas kerja dan kinerja sehingga mampu bersaing dengan organisasi lainnya yang serupa.
EVALUASI KEBIJAKAN PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN KOTA / KABUPATEN DI WILAYAH PROVINSI JAWA BARAT Wieky Rusmanto
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan otonomi daerah di Indonesia yang didasarkan pada UU No. 22 Tahun 1999 yang telah diubah menjadi UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, pada tahun 2014 telah disempurnakan menjadi UU No. 23 Tahun 2014 dan disempurnakan kembali dengan UU No. 9 Tahun 2015. Hal ini merupakan landasan bagi pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan di seluruh wilayah nusantara. Otonomi Daerah menciptakan ruang gerak yang lebih bebas dalam membuat kebijakan dan peraturan daerah yang melibatkan pihak-pihak terkait yang sesuai dengan pemahaman dan kebutuhan masyarakat masing-masing daerah tersebut. Dengan otonomi daerah diharapkan terjadi peningkatan pelayanan publik sekaligus memperbaiki kesejahteraan hidup masyarakat. Kajian ini menganalisa berbagai aspek yang ada kaitannya dengan pelayanan perizinan dan non perizinan di wilayah Provinsi Jawa Barat. Analisa dilakukan secara mendalam dan menghasilkan deskripsi kondisi eksisting pelayanan perizinan dan non perizinan di Kota/Kabupaten di wilayah Provinsi Jawa Barat. Kata Kunci : Pelayanan Perizinan, Non Perizinan, Jawa Barat.
PEMBINAAN PEGAWAI OLEH CAMAT SEBAGAI SALAH SATU UPAYA DALAM MENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DI KECAMATAN BANJARAN KABUPATEN BANDUNG Ridha Rahim Al'libani
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Undang-Undang Nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 22 tahun 1999 telah membawa semangat dan nilai-nilai yang telah sesuai dalam mewujudkan otonomi daerah, yang diantaranya adalah penekanan aspek-aspek demokrasi, keadilan, pemerataan, peran serta masyarakat, serta pengelolaan potensi dan keanekaragamaan daerah. Kecamatan adalah organisasi pemerintah dengan kata lain adalah perangkat daerah yang berada dibawah kabupaten/kota, dan bertanggung jawab kepada Bupati. Dalam menjalankan setiap aktivitas Kecamatan yang tujuanya adalah kesejahteraan seluruh masyarakat di Kecamatan, maka kecamatan harus menyiapkan para pegawai negeri sipil yang memiliki tanggung jawab dan dedikasi tinggi dalam melaksanakan pelayanan terhadap masyarakat. Jika suatu organisasi pemerintah atau swasta menginginkan pegawai yang berkualitas, profesional, dan bertanggung jawab atas pekerjaanya serta mempunyai kinerja yang baik dan kemampuan kerja yang tinggi, maka hal tersebut tidak terlepas dari peran pemimpin untuk dapat mengembangkan atau membina para pegawainya. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang pemimpin harus dapat mengatur dan mengembangkan para pegawainya dalam setiap melaksanakan tugas pokok dan fungsinya tersebut, sehingga dapat mencapai efektivitas kerja para pegawai dan tercapainya kepuasaan masyarakat atas pelayanan yang diberikan. Kata Kunci : Pembinaan, Efektivitas.
KONSEP KEBIJAKAN ALIH KELOLA PELABUHAN PERIKANAN DI JAWA BARAT Anna Christina Ikasari
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Masalah yang diteliti adalah analisis terhadap alih kelola pelabuhan perikanan di Provinsi Jawa Barat, sebagaimana diketahui bersama bahwa setelah diberlakukannya Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah telah merubah beberapa kewenangan pengelolaan pelabuhan perikanan yang ada di Nusantara. Salah satu perubahan yang terjadi ada pada pengelolaan pelabuhan perikanan, yang tadinya berada dibawah kewenangan Pemerintah Kota/Kabupaten menjadi Kewenangan Pemerintah Provinsi dalam tata kelolanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konsep dan pemikiran akademis bagi Provinisi Jawa Barat dalam merancang kebijakan yang tepat untuk keberlangsungan proses kewenangan alih kelola pelabuhan perikanan di Jawa Barat sehingga dalam proses pengelolaanya tidak menjadi permasalahaan dikemudian hari. Penelitian ini akan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendalami makna dari satu fenomena yang terjadi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dokumentasi, serta triangulasi, sehingga dapat diperoleh data dan informasi yang mendukung tujuan studi. Kata Kunci : Pelabuhan Perikanan, Kebijakan Pelabuhan, Jawa Barat
KUALITAS PELAYANAN PUBLIK BIDANG ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KECAMATAN PASIRJAMBU Yayat Rukayat
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah sebagai penyedia layanan publik yang dibutuhkan oleh masyarakat harus bertanggung jawab dan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi peningkatan pelayanan publik. Disisi lain kepuasan masyarakat adalah tolak ukur dari keberhasilan pelayanan publik yang diberikan oleh penyedia layanan publik. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif untuk mengetahui kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Pasirjambu. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik bidang administrasi kependudukan di Kecamatan Pasirjambu dilihat dari aspek fasilitas fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati yaitu bagian Pelayanan Umum di Kecamatan Pasirjambu belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang di berikan Kecamatan Pasirjambu dalam aspek reliability mengenai kehandalan dalam menangani setiap keluhan masyarakat. Pegawai dalam hal membantu masyarakat yang membutuhkan pelayanan khususnya masyarakat yang bingung dengan pelayanan sudah terlihat antara petugas dan pengunjung yang saling berkomunikasi. Keamanan di Kecamatan Pasirjambu sudah menunjukan upaya meningkatkan kualitas pelayanannya terkait memberikan rasa aman bagi masyarakat. Empati yang diberikan pihak Kecamatan Pasirjambu yaitu dengan memberikan kesan yang menyenangkan. Kata kunci : Kualitas, Pelayanan Publik, Kecamatan Pasirjambu  
PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI JAWA BARAT (Studi Kasus Kebijakan Pembangunan Desa) Hidayat Hidayat
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan berbagai Program (penanggulangan) kemiskinan, baik program nasional maupun program khusus pemerintah Provinsi Jawa Barat, tetapi efektivitas dari berbagai program-program tersebut tidak menunjuk hasil yang optimal. Hal tersebut disebabkan oleh tidak terintegrasinya program dan pembiayaan yang dilaksanakan selama ini. Hal ini dapat ditunjukan dari program yang dilaksanakan bersifat parsial hanya menyentuh sektor tertentu saja. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survey eksplanatori, yang menguji berapa besar faktor-faktor  komunikasi, sumberdaya, disposisi dan struktur birokrasi terhadap efektivitas penanggulangan kemiskinan di Jawa Barat. Hasil penelitian menunjukan bahwa sampai dengan saat ini, intervensi pembangunan yang telah dilakukan oleh pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam rangka percepatan pembangunan desa, baik yang merupakan program provinsi, kabupaten ataupun pusat belum dapat secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pembangunan tersebut belum mampu mereduksi kemiskinan. Belum efektifnya pembangunan desa tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah pengalokasi dana ke desa dilaksanakan oleh berbagai kementerian dari pemerintah pusat yang langsung ke desa secara parsial. Kata Kunci : Penanggulangan Kemiskinan, Desa, Jawa Barat
PEMBERDAYAAN MITRA BINAAN UMKM MELALUI PROGRAM COMMUNITY DEVELOPMENT PT TELKOM KANDATEL BANDUNG Iwa Suryatna
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 11 No. 2 (2017): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Program Kemitraan PT Telkom adalah program untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil agar menjadi tangguh dan mandiri melalui pemanfaatan dana dari bagian laba PT Telkom. Kemitraan melalui BUMN belum mampu memberikan stimulus usaha yang kondusif bagi usaha kecil. Keberadaan BUMN ternyata hanya mengkonsentrasikan pada penyaluran dana yang menjadi kewajibannya. Di lain pihak, pendampingan dan pembinaan tidak optimal dilakukan. Tidak hanya itu, transparansi penyaluran anggaran ini juga masih banyak yang menggugat. Masalah transparansi anggaran dalam kerja sama kemitraan ini lebih banyak ditekankan pada jumlah alokasi dan ketepatan sasaran UKM penerima dana. Berdasarkan karakteristik penelitian yang menjelaskan pengaruh variabel serta pengujian hipotesis antara varibel-variabel yang ada dengan menggunakan teknik sampling, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, secara lebih spesifik menggunakan metode survai eksplanantif (explanatory survey). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan pada bab-bab sebelumnya dapat ditarik beberapa kesimpulan diantaranya yaitu : komunikasi dari implementasi program kemitraan berpengaruh signifikan terhadap pemberdayaan usaha kecil  yang ditentukan oleh sosialisasi, kejelasan informasi, konsistensi informasi, frekwensi komunikasi, dan lapisan komunikasi. Berdasarkan hasil angket, sebagian besar berpendapat bahwa pelaksanaan program kemitraan pada sub variabel komunikasi berjalan baik, hanya saja masalah frekuensi penyampaian informasi yang masih kurang dan informasi yang sampai pada pengusaha kecil tidak secara langsung melainkan melalui beberapa orang atau lembaga. Kata Kunci : Pemberdayaan, Community Develovment, PT Telkom
PELAKSANAAN HUMAN RELATION OLEH CAMAT DALAM MENCAPAI SEMANGAT KERJA PEGAWAI DI KANTOR KECAMATAN SINDANG BARANG KABUPATEN CIANJUR Burhan Nurdin
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 12 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul: “Pelaksanaan Human Relations oleh Camat Sebagai Salah Satu Upaya Mencapai Semangat Kerja Pegawai di Kantor Kecamatan Sindang Barang Kabupaten Cianjur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang obyektif mengenai pelaksanaan human relations yang dilakukan oleh camat sebagai salah satu upaya untuk mencapai semangat kerja pegawai. Disamping itu, untuk mengetahui faktor-faktor hambatan yang dihadapi oleh Camat dalam pelaksanaan human relations, serta upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Camat untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut dalam pencapaian semangat kerja. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Jika pelaksanaan human relations yang dilakukan oleh Camat berdasarkan pada prinsip-prinsip human relations, maka hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai semangat kerja pegawai di Kantor Kecamatan Sindang Barang Kabupaten Cianjur.” Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif analisis yaitu, metode penelitian yang menggambarkan, menguraikan, melukiskan suatu keadaan yang sedang berlangsung berdasarkan data dan informasi yang diperoleh yang bersifat aktual dan faktual. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah : Studi kepustakaan, Studi lapangan, melalui Observasi, Wawancara, dan Penyebaran angket. Hasil pengolahan data dalam pembahasan angket variable bebas menunjukan nilai 56,32 % dan untuk pembahasan angket variable terikat menunjukan nilai 53,19%, keduanya berada pada garis kontimum pada Kriteria cukup baik. Oleh karena itu hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini dapat diterima karena telah teruji keberadaannya. Hasil penelitian dan pengolahan angket serta hambatan yang dihadapi oleh Camat dalam pelaksanaan Human Relations dijadikan dasar oleh penulis untuk mengajukan beberapa saran. Agar pelaksanaan Human Relations dapat terlaksana secara optimal, maka Camat di dalam melaksanakan Human Relations hendaknya menggunakan prinsip-prinsip Human Relations, sehingga kerja pegawai dapat tercapai secara optimal.
PENCAPAIAN EFEKTIVITAS PENGELOLAAN PROGRAM BERAS MISKIN (RASKIN) DI DESA CIJAGANG KECAMATAN CIKALONGKULON KABUPATEN CIANJUR Nanang Juhandi Hermawan
Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi Vol. 12 No. 1 (2018): JURNAL ILMIAH MAGISTER ILMU ADMINISTRASI - JIMIA
Publisher : Universitas Nurtanio Bandung

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi terhadap pegawai yang dilakukan oleh Kepala Desa sebagai salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program beras miskin (RASKIN) di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur. Disamping itu juga untuk mengetahui hambatan-hambatan yang dihadapi dan upaya-upaya apa yang dilakukan oleh Kepala Desa dalam mengatasi  hambatan-hambatan tersebut. Adapun hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah : “Jika motivasi yang dilakukan oleh Kepala Desa berdasarkan pada asas-asas motivasi, maka hal ini merupakan salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program RASKIN di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan, menguraikan atau melukiskan suatu keadaan yang sedang berlangsung berdasarkan data dan informasi yang diperoleh. Adapun teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sebagai berikut : Studi kepustakaan, Studi lapangan yang melpiuti: observasi, wawancara dan penyebaran angket. Kesimpulan yang diperoleh Pemberian motivasi oleh Kepala Desa sebagai salah satu upaya untuk mencapai efektivitas pengelolaan program beras miskin (RASKIN) di Desa Cijagang Kecamatan Cikalongkulon Kabupaten Cianjur, dengan menggunakan azas-azas motivasi berdasarkan hasil pengolahan angket untuk variabel bebas (motivasi) diperoleh hasil dengan kategori cukup sedangkan hasil pengolahan angket  untuk efektivitas termasuk dalam kategori cukup baik.