Jurnal Bisnis Kompetitif
Vol 2 No 1 (2023)

STRATEGI MEMBANGUN RASA PERCAYA DIRI MAHASISWA BERWIRAUSAHA

Hadiyati Hadiyati (Universitas Lancang Kuning)
Fatkhurahman Fatkhurahman (Universitas Lancang Kuning)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2023

Abstract

Rendahnya rasa percaya diri mahasiswa dari hasil pra survey yang dilakukan memberikan dampak pada keberhasilan prodi manajemen Unilak dalam mencapai capaian pembelajaran yakni menjadi wirausaha muda. Hal ini tentuknya perlu dilakukan identifikasi factor eksternal dan juga identifikasi factor eksternal lalu dilanjutkan dengan penyusunan formula strategi membangun rasa percaya diir mahasiswa dalam berwirausaha. Tata cara yang dipakai merupakan riset survey dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Informasi digabungkan dari populasi mahasiswa yang mengutip mata kuliah riset kelayakan bidang usaha genap 2022- 2023 di prodi manajemen sebesar 248 orang dengan ilustrasi didapat sebesar 73 orang dengan metode sepadan random sampling bersumber pada kategori kuliah. Pengumpulan informasi dengan memakai angket online serta metode analisa informasi dengan memakai metode analisa deskriptif kuantitatif dengan perlengkapan analisa SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi membangun rasa percaya diri mahasiswa berwirausaha yakni dengan agresif memanfaatkan kekuatan dalam diri seperti rasa optimis, berani dan mampu mendapatkan keuntungan untuk menangkap peluang luas kesempatan berwirausaha, besarnya peluang sukses dalam berwirausaha dan berubahnya cara pandang dengan berwirausaha.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bisniskompetif

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Bisnis Kompetif diterbitkan oleh Komunitas Manajemen Kompetitif. Jurnal ini diterbitkan tiga kali pada bulan Maret, Juli dan Nopember. Ini berisi artikel-artikel seperti karya ilmiah (riset dan non-penelitian), studi analitis, aplikasi teoritis dan ulasan masalah bisnis. Penerbitan jurnal ini ...