Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan
Vol. 17, No 4 : Al Qalam (Juli 2023)

Analisis Pengelolaan Air Limbah Rumah Potong Hewan dan Dampaknya Terhadap Lingkungan Ditinjau dari Perspektif One Health (Studi kasus pada UPTD Rumah Potong Hewan Jone)

Herman Herman (Universitas Terbuka)
Yohannes Agus Setianto (Universitas Terbuka)
Lilik Sulistyowati (Universitas Terbuka)



Article Info

Publish Date
22 Jul 2023

Abstract

Industri pemotongan hewan jika tidak dikelola dengan baik dapat menimbulkan dampak negatif yang merusak lingkungan dan mengganggu kehidupan manusia.  Air limbah rumah potong hewan (RPH) sangat berbahaya bagi lingkungan. Pengelolaan air limbah ditinjau dari prespektif One Health bertujuan untuk mencapai hasil kesehatan yang optimal dengan mengenali interkoneksi antara manusia, hewan, dan lingkungan secara bersama salah satunya pada lingkungan RPH dimana hewan, manusia, dan lingkungan saling berhubungan.  Penelitian ini mencoba menganalisis pengelolaan air limbah, kualitas air limbah, dan dampaknya terhadap lingkungan. Penelitan ini menggunakan pendekatan metode kualitatif, melalui observasi, wawancara, kuesioner, dan uji laboratorium. Hasil penelitan menunjukkan pengelolaan air limbah RPH belum berjalan optimal, kualitas air limbah pada inlet dan outlet IPAL pada indikator BOD, COD, TSS, minyak dan lemak dan pH masih dalam kategori rendah atau tidak melebihi dari baku mutu, sedangkan pada indikator NH3-N telah melewati batas baku mutu. Dampak air limbah terhadap masyarakat seperti dampak bau, timbulnya lalat, pencemaran air dan kekhawatiran terhadap gangguan kesehatan yang ditimbulkan dari limbah RPH, secara umum masyarakat merasa tidak terganggu. Saat ini RPH Jone perlu memperhatikan pengelolaan air limbah agar lebih baik lagi, RPH wajib melaksanakan pemantauan kualitas air limbah secara rutin, dan meskipun saat ini masyarakat yang tinggal berdekatan dengan RPH tidak merasa terganggu, akantetapi wajib menjadi perhatian bagi pengelola RPH untuk selalu menjaga lingkungan RPH tetap aman dari polusi atau pencemaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-qalam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

ALQALAM : Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan (P-ISSN: 1907-4174 ; E-ISSN: 2621-0681) merupakan jurnal berkala yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Al-Quran (STIQ) Amuntai Kalimantan Selatan yang memuat tulisan dari dosen, tenaga kependidikan, pemerhati pendidikan dan lain sebagainya. ...