Arfak Chem: Chemistry Education Journal
Vol 6, No 1 (2023): Arfak Chem

ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS X IPA PADA MATERI IKATAN KIMIA MENGGUNAKAN INSTRUMEN TWO-TIER MULTIPLE CHOICE

Gita Fransiska Gultom (Universitas Musamus)
John Yoro Parlindungan (Universitas Musamus)
Lamtiar Ferawaty Siregar (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi siswa tentang ikatan kimia di SMA Negeri 1 Tanah Miring yang diukur menggunakan instrumen two-tier multiple choice. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jumlah item sebanyak sepuluh (10). Hasil penelitian menunjukkan persentase miskonsepsi siswa dengan rata-rata miskonsepsi siswa pada materi ikatan kimia adalah 46% yang termasuk dalam kategori sedang ke atas, dengan rincian persentase pada indikator yang mengidentifikasi konfigurasi elektron gas mulia 35%, menganalisis struktur Lewis untuk menentukan elektron valensi gas mulia 32%, menentukan ikatan ionik sebesar 64%, menganalisis sifat fisika senyawa sebesar 21%, menentukan ikatan kovalen sebesar 56%, dan menganalisis kecenderungan suatu unsur untuk mencapai ikatan stabilitas sebesar 53%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

accej

Publisher

Subject

Humanities Chemistry Education Social Sciences

Description

Arfak Chem: Chemistry Education Journal is a scientific journal, published by Chemistry Education Department, University of Papua. This journal is published 2 times in a year, June and December. This journal contains research results relating to the topic of education and chemistry ...