EDU-KATA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Vol 9 No 2 (2023): Agustus 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENENTUKAN GAGASAN UTAMA DI KELAS IV SDN SIMOMULYO I SURABAYA

Dea Selvi Tri Anggraini (Universitas Nahdaltul ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan tidak mampunya siswa dalam menentukan gagasan utama. Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sebelum diterapkannya model pembelajaran STAD, (2) mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama sesudah diterapkannya model pembelajaran STAD, (3) membuktikan ada tidaknya pengaruh model pembelajaran STAD terhadap kemampuan siswa dalam menentukan gagasan utama. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Simomulyo I Surabaya yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut. Pertama, kemampuan menentukan gagasan utama sebelum menggunakan model pembelajaran STAD tergolong kurang karena nilai rata-rata kelas 40. Kedua, kemampuan menentukan gagasan utama sesudah menggunakan model pembelajaran STAD tergolong baik karena nilai rata-rata kelas sebesar 80. Ketiga, ada pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menentukan gagasan utama karena nilai signifikansi hasil perhitungan SPSS = 0,000 kurang dari 0,05 dan t hitung = 14,786 lebih besar daripada t tabel = 2,042.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kata

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

The journal is published by the Master Program of Indonesian Language and Literature Education, Postgraduate Program, Islamic University Darul Ulum Lamongan as a medium of information, teaching facilities, and dissemination of research results, theoretical developments, and scientific writings on ...