Stabilitas
Vol 3 No 3 (2022): Volume 3 Nomor 3, September 2022

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI YOUTUBE SEBAGAI PLATFORM PEMENUH TUGAS PRAKTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PANDEMI COVID-19

Anisa Nur Rahmawati (Universitas Lambung Mangkurat)
Ma'ruful Kahri (Universitas Lambung Mangkurat)
Akhmad Amiruddin (Universitas Lambung Mangkurat)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen, metode tersebut digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi youtube sebagai wadah pengunggah video gerak siswa terhadap hasil belajar yang meliputi kognitif, afektif dan terutama psikomotorik yang ditekankan dalam pembelajaran PJOK. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa : terdapat pengaruh yang positif dari perlakuan yang diberikan, yakni penggunaan aplikasi youtube sebagai platform pemenuh tugas praktik berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran PJOK saat pandemi covid-19 dengan kriteria pengujian nilai t hitung nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen sesi 1 dan sesi 2 lebih besar dari t tabel yaitu sebesar 12,383 > 1,739 dan 8,657 > 1,739.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mpj

Publisher

Subject

Education Public Health

Description

Dasar falsafah STABILITAS: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga adalah keseimbangan antara Psikomotor, Kognitif, dan ...