Education For All
Vol 1 No 1 (2021): OCTOBER

Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas

Meo Tefanai (PRODI PLS FKIP UNDANA)
Rongky Famdale (PRODI PLS FKIP UNDANA)
Gallex Simbolon (PRODI PLS FKIP UNDANA)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2021

Abstract

Penelitian ini menelaah Peningkatan Kemampuan Berkomunikasi Anak Melalui Metode Cerita Bergambar Pada Kelompok B di PAUD Munatuan Noelsinas. Masalah utama penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemmpuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar? Tujuan penelitian ini untuk untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar di kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 4 tahap dalam setiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui metode cerita bergambar pada kelompok B PAUD Munatuan Noelsinas. Setting penelitian ini adalah anak-anak di PAUD Munatuan Noelsinas. Objek penelitian ini adalah anak didik yang terdiri atas 19 anak. Pengumpulan data melalui observasi dan tes hasil belajar. Dari perhitungan terhadap data tersebut diperoleh nilai rata-rata prasiklus 53, 61%, siklus I 57, 89% dan SiklusII 100%, maka secara umum dapat digolongkan bahwa pembelajaran menggunakann metode cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Education For All : Jurnal Pendidikan Masyarakat, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Non Formal merupakan Jurnal Ilmiah bidang pendidikan masyarakat yang dikelola oleh para dosen dan praktisi yang berasal dari berbagai background perguruan tinggi di Indonesia khususnya Kupang-NTT. Jurnal ...