Jurnal Produksi Ternak Terapan (JPTT)
Vol 4, No 1 (2023)

PENDUGAAN PRODUKSI SUSU 305 HARI SAPI FRIESIAN HOLSTEIN BERDASARKAN TEST DAY BULANAN MULAI HARI KE-10 MENGGUNAKAN MODEL KURVA ALI-SCHAEFFER di PT. UPBS (Ultra Peternakan Bandung Selatan)

AKBAR AZIS (200110170282)
Nena Hilmia (Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran)
Heni Indrijani (Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2023

Abstract

Produksi susu adalah salah satu indikator keberhasilan dalam usaha peternakan sapi perah. Produksi susu akan mengalami kenaikan pada awal masa laktasi dan akan menurun secara berangsur hingga akhir masa laktasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keakuratan model kurva regresi Ali-Schaeffer dalam menduga produksi susu 305 hari berdasarkan test day bulanan mulai hari ke-10 di PT UPBS (Ultra Peternakan Bandung Selatan). Penelitian ini menggunakan objek penelitian sapi perah FH laktasi satu berjumlah 127 ekor, dengan jumlah data test day untuk laktasi satu sebanyak 1270 data dan laktasi dua berjumlah 87 ekor dengan data sebanyak 870. Hasil penelitian menunjukkan pendugaan produksi susu 305 hari menggunakan model kurva Ali-Schaeffer berdasarkan test day bulanan yang dimulai pada hari ke-10 laktasi, memiliki korelasi (r) yang tinggi untuk laktasi satu yaitu 0,960 dan laktasi dua 0,968 dan rata –rata standar error (SE) untuk laktasi satu yaitu 2,19, dan laktasi dua 2,46. Catatan bulanan test day mulai hari ke 10 dapat digunakan untuk menduga produksi susu 305 hari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptt

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Immunology & microbiology Veterinary

Description

Jurnal Produksi Ternak Terapan (JPTT) covers concepts, models, innovations and implementations in the field of animal husbandry and biosciences in a broad sense, which include: livestock production, livestock breeding and biometrics, as well as livestock reproduction and artificial insemination, ...