Leadership:Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam
Vol 4, No 2 (2023): JUNI

STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM BERBASIS KARAKTER DI SDIT AL-FATIH PEUSANGAN

Salma Salma (IAIN LHOKSEUMAWE, INDONESIA)
Susi Yusrianti (IAIN LHOKSEUMAWE, INDONESIA)
Rahmy Zulmaulida (IAIN LHOKSEUMAWE, INDONESIA)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi kepala sekolah dalam implementasi kurikulum berbasis karakter di SDIT-Al-Fatih Peusangan, untuk menjelaskan implementasi kurikulum berbasis karakter. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al-Fatih Peusangan, kecamatan Peusangan Kabupaten Bireuen dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Data dianalisis melalui tekhnik Miles dan Hubermen dan digunakan triangulasi yaitu reduksi data, Display data dan penarikan kesimpulan untuk melihat hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Strategi kepala sekolah  dalam implementasi kurikulum berbasis karakter dilakukan dengan: a. perencanaan termaktub dalam visi, misi dan tujuan.b. Membuat kebijakan  dengan  stretegi yang dilakukan dimulai dari semua aktifitas baik didalam kelas maupun diluar kelas. c. Sifat kepemimpinan kepala sekolah SDIT Al-fatih Peusangan adalah visioner, transformasional, inovasi,  empati, bekerja keras, sabar kharismatik. d. gaya kepemimpinan  demokratis kolaboratif, transformasional, otoriter. 2 Implementasi kurikulum berbasis karakter dengan cara: a. Melaksanakan 3 dimensi kurikulum dilakukan kepala yaitu, membuat rapat, evaluasi dan monitoring dan 3 dimensi yang dilakukan guru melalui perencanaa, kebiasaan dan keteladanan. b ciri-ciri karakter adalah religius, rasa ingin tahu, berani, jujur, percaya diri, mandiri, kreatif,  berjiwa sosial. c. pada prinsipnya kurikulum berbasis karakter sebagai  model yang baik bagi siswa dalam mengajarkan nilai-nilai karakter yang positif dan memberikan umpan balik. d.Tahapan implemetasi kurikulum berbasis karakter yaitu: Identifikasi nilai-nilai karakter, integrasi nilai-nilai karakter ke dalam kurikulum, pembentukan sikap dan perilaku positif,  pengembangan metode pembelajaran, Evaluasi dan pengukuran, Refleksi dan perbaikan.Kata kunci: strategi kepala sekolah, Kurikulum berbasis karakter.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mpi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal ilmiah yang terbit berkala dan diterbitkan oleh STAI Ma`had Aly Al-Hikam Malang. Jurnal ini dikhususkan untuk mengkaji seputar ilmu Manajemen Pendidikan Islam. Pengelola sangat mengapresiasi atas kontribusi dalam bentuk artikel dari kalangan ...