Nalar: Journal of Pedagogy and Society
Vol. 4 No. 1 (2021): Nalar: Journal of Pedagogy and Society

Integration of Islam and Science: International Islamic University Islamabad and Malaysia

Muhammad Fajri Hamdy (State Islamic University of Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana integrasi Islam dan sains dilakukan di International Islamic University of Islamabad (IIUI) dan International Islamic University of Malaysia (IIUM). Topik pada kajian ini dikaji dengan menggunakan pendekatan Literature Review. Literatur yang digunakan sebagai data bersumber dari website universitas dan artikel jurnal ilmiah yang relevan. Berdasarkan pemaparan di atas dapat diketahui bahwa implementasi integrasi pada IIUI dan IIUM dapat dilihat dari landasan filosofis, visi, misi, hingga pada kurikulum umum Universitas yang disusun merujuk kepada landasan filosofis, visi, dan misi tersebut. Pada tataran landasan filosofis, visi, dan misi konsep integrasi telah disusun dengan sangat baik, akan tetapi implementasinya pada proses pembelajaran masih memiliki tantangan dari sudut tenaga pengajar, sehingga terdapat model yang bervariasi dalam realisasi integrasi pada proses pembelajaran.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Nalar: Journal of Pedagogy and Society is published by the Education Division of Nalar Global Foundation. This open access journal aims to promote researches on pedagogy and society at various educational levels and educational community settings. As a peer-reviewed journal, it focuses on the ...