JEID
Vol. 1 No. 2 (2021)

Optimalisasi Pembelajaran Ekonomi Bisnis Berbasis Gamifikasi Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa

Erdyna Etika (STKIP PGRI NGANJUK)
Umi Hidayati (STKIP PGRI NGANJUK)
Dimas Geopratama Ramadhan (STKIP PGRI NGANJUK)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2021

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar mahasiswa pada mata kuliah ekonomi bisnis dengan menggunakan pembelajaran daring berbasis gamifikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar kuis online menggunakan aplikasi quizizz dan kuesioner motivasi belajar mahasiswa. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan ekonomi STKIP PGRI Nganjuk yang sedang menempuh mata kuliah ekonomi bisnis. Data penelitian adalah nilai dari tiap indikator motivasi belajar. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan gamifikasi dalam pembelajaran daring mata kuliah ekonomi bisnis dapat meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Peningkatan motivasi ini terbukti dari rata-rata indikator motivasi belajar mahasiswa dari prasiklus sebesar 42,70 % dengan kategori kurang, pada siklus I sebesar 56,86 % dengan kategori cukup dan pada siklus III sebesar 70, 4 % dengan kategori baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jeid

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JEID: Jurnal Integrasi dan Pengembangan Pendidikan mencakup pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendidikan Agama, Pendidikan Karakter, Pendidikan Bahasa dan Seni serta Media dan Teknologi ...