Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu
Vol 12 No 1 (2021): Widya Genitri: Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu

MENIGKATKAN KUALITAS INTERAKSI SISWA KELAS VIII SMPN 2 SINGARAJA DALAM PEMBELAJARAN PKn MELALUI PENGGUNAAN GALERI BELAJAR

Gede Harja Subrata (STKIP Agama Hindu Singaraja)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan pada siswa tahun kedua SMPN 2 Singaraja Bali. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah Learning Galleria dapat meningkatkan kualitas interaksi siswa di kelas Pkn. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil PTK menunjukkan bahwa rata-rata nilai kemampuan siswa pada siklus ke-1 bernilai Baik baru mencapai 18,75%, siklus ke-2 bernilai Baik mencapai 33,34%, siklus ke-3 bernilai Baik mencapai 80,33%. Dengan demikian, sampai pembelajaran siklus ke-3 peningkatan kualitas interaksi siwa telah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 75% siswa minimal berkemampuan Baik. Bila dilihat dari perkembangan rata-rata nilai yang dicapai siswa pada pembelajaran siklus ke-1, siklus ke-2, dan siklus keĀ¬-3, nilai Baik dicapai siswa tampak meningkat, yaitu dari 18,75% pada siklus ke-1 menjadi 33,34% pada siklus ke-2 dan pada siklus ke-3 menjadi 80,83%. Dari hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan galeri belajar dapat meningkatkan kualitas interaksi siswa. Kata kunci: Interaksi, Galeri, Belajar Pkn.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

widyagenitri

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Fokus Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayan Hindu tidak hanya menekankan pada fakta empiris atau teori murni, atau terhadap satu metode atau pendekatan tertentu. Scope Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama dan Kebudayaan Hindu memiliki Scope sebagai berikut : ...