Penelitian ini dilaksanakan pada Pemerintahan Desa Pegalangan Kidul Kecamatan Maron Kabupaten Probolinggo dengan tujuan mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan aparatur pemerintah desa terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan variabel X1 yaitu kecerdasan emosional, variabel X2 yaitu kualitas pelayanan, variabel X3 yaitu kedisiplinan dan variabel Y yaitu kepuasan masyarakat. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 68 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling yaitu sampel jenuh. Metode analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, autokolerasi, uji regresi linier berganda, uji determinasi, uji T, uji F dan uji Dominan dengan bantuan SPSS 23 untuk membuktikan pengaruh antar variabel independen dan variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. 2) Variabel kecerdasan emosional, kualitas pelayanan dan kedisiplinan berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul. 3) Variabel kedisiplinan berpengaruh dominan terhadap kepuasan masyarakat dalam memenuhi kepentingan masyarakat Desa Pegalangan Kidul.
Copyrights © 2023