BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 2 No. 1 (2020): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Efektivitas Pemanfaatan Briket Tebu Hasil Buangan Limbah Pabrik Gula sebagai Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan Tanaman Sawi (Brassica Juncea)

Hasni Ummul Hasanah (Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember)
Adi Suparwanto (Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember)
Dwi Nur Rikhma Sari (Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember)
Fatimatuz Zuhro (Universitas PGRI Argopuro (UNIPAR) Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Peningkatan produksi sawi dapat dilakukan dengan pemupukan. Penambahan bahan pupuk organik dalam bentuk briket menjadi salah satu alternatif untuk pengganti pupuk anorganik dalam memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah. Desain penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuann dan 6 kali ulangan. Data penelitian dianalisis dengan uji Anova yang dilanjutkan dengan uji Duncan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa briket tebu memiliki tingkat efektivitas yang dapat digunakan sebagai alternatif pengganti pupuk anorganik pada budidaya tanaman sawi. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis Anova yang signifikan pada parameter tinggi tanaman dan berat basah, sedangkan pada parameter jumlah daun tidak signifikan. Perlakuan terbaik diperoleh pada penambahan pupuk organik briket tebu 0,5 kg, pada semua parameter pengamatan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...