BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 4 No. 2 (2022): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Sirih (Piper betle L.) terhadap Pengendalian Hama Thrips (Thrips Parvispinus.) pada Tanaman Cabai Rawit (Capsicum frutescents L.)

Dwi Sucianingtyas Sukamto (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

ABSTRAK Cabai rawit merupakan salah satu tanaman sayuran yang termasuk dalam program swasembada yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian dengan jumlah produksi yang terus meningkat. Salah satu kendala yang dihadapi dalam budidaya cabai rawit di Kecamatan Kalisat yaitu adanya serangan hama thrips. Penggunaan insektisida sudah sangat intensif, baik jenis, dosis maupun interval penyemprotannya. Keadaan yang berlangsung terus menerus ini berdampak negatif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengendalikan hama thrips dengan menggunakan ekstrak daun sirih sebagai pestisida alami. Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Sains Universitas PGRI Argopuro Jember. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) terdiri atas 5 perlakuan (kontrol, konsentrasi 20 %, konsentrasi 40 %, konsentrasi 60 %, dan konsentrasi 80 %) dengan 5 kali pengulangan. Parameter yang diamati adalah mortalitas hama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian ekstrak daun sirih berpengaruh nyata terhadap mortalitas hama thrips. Aplikasi ekstrak daun sirih sebesar 80% memberikan pengaruh tertinggi terhadap mortalitas hama thrips.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...