BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi
Vol. 5 No. 1 (2023): BIO-CONS: Jurnal Biologi dan Konservasi

Penerapan Media Augmented Reality untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar

Diah Sudiarti (Unknown)
Rosa Fitrianingsih (Universitas Islam Jember)
Miftahul Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jun 2023

Abstract

Proses pembelajaran terdiri dari melakukan kegiatan pembelajaran pada suatu lembaga pendidikan untuk membantu siswa mencapai tujuan dari pembelajaran. Pada proses pembelajaran guru sebagai sumber informasi perlu mengolah informasi tersebut supaya siswa bisa menerima informasi dengan benar dan jelas, untuk itu perlu adanya alat bantu, misalnya media pembelajaran Augmented Reality. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat dan hasil belajar setelah menggunakan media Augmented Reality. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus, dimana setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaa, pengamatan dan refleksi. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI IPA MA Al-Misri Curahmalang Rambipuji sebanyak 28 siswa. Berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Augmented Reality dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Pada siklus I peningkatan minat sebesar 73% dan peningkatan hasil belajar sebesar 11%. Pada siklus II peningkatan minat sebesar 91% dan peningkatan hasil belajar sebesar 79%. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat dan hasil belajar siswa meningkat setelah diterapkan media Augmented Reality.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

biocons

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Energy

Description

BIO-CONS : Jurnal Biologi dan Konservasi, receiving and publishing article in the form of research (scientific article) in the field of biology and conservation education, also utilization of biological research in learning. Moreover, this journal bridges the gap between research and practice, ...